Selasa, 26 Februari 2013

Pelayanan Prima



Excellent Service (pelayanan prima), yang berarti pelayanan yang sangat baik atau pelayanan yang terbaik. Pelayanan dalam bahasa Inggris disebut Service. Beberapa pakar tentang Pelayanan Prima mengolah kata service yang lebih bermakna.
Menurut Widyaningtias Sistaningrum (2002 : 28) : “Pelayanan adalah Tindakan dari suatu pihak ke pihak lain dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan pihak yang lain dalam pembelian produk”.
Menurut Atep Adya Barata (2005 : 26) : “Pelayanan Prima adalah konsep kepedulian kepada pelanggan dengan memberikan layanan terbaik”. Sedangkan menurut Sutopo (2004 : 8) : “Pelayanan prima adalah pelayanan terbaik yang dapat diberikan kepada pelanggan”.
Menurut Saya, Pelayanan prima merupakan pelayanan yang berfokus kepada konsumen, dan memberikan pelayanan terbaik bagi konsumen sehingga konsumen menjadi loyal pada perusahaan atau bisa dikatakan memberikan suatu kepercayaan kepada perusahaan itu sendiri.
Harapan awal semua konsumen untuk dapat memenuhi kebutuhanya sehingga dia bisa puas dengan perusahaan tersebut yaitu bagaimana pelayanan yang diberikan suatu perusahaan untuk pelanggan, apakah itu memuaskan atau tidak. Dalam hal ini tentunya perusahaan akan memberikan pelayanan yang terbaik agar dapat memiliki pelanggan yang banyak sehingga tidak merugikan perusahaan itu sendiri. Contoh yang bisa kita lihat di sekeliling kita, supermarket kecil yang bersampingan biasanya membuat atau memberikan harga yang berbeda di dengan saingannya. memberikan layanan yang menarik bagi pelanggan. Misalnya supermarket A, awal masuk supermarket sudah ada pegawai yang menyapa siapa saja pelanggan yang akan masuk, sedangkan supermarket B tidak ada pegawai yang siap menyapa pelanggan, hanya memiliki pelanggan yang siap membantu bila barang yang di carinya itu tidak ada.
Pelayanan prima merupakan hal penting dalam industry pemasaran ataupun pekerjaan lainnya, karena pelayanan yang menyenangkan itu yang di harapkan oleh pelanggan untuk mendapatkan kepuasan tersendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar